Beranda » Artikel Wisata » Suhu dan Musim di Istanbul Turki

Suhu dan Musim di Istanbul  Turki

Saat berlibur hal yang perlu diperhatikan adalah melihat suhu dan musim yang sedang berlangsung di tempat tujuan. Tak terkecuali saat wisata ke turki khususnya wisata ke istanbul. Tetapi tips ini berlaku jika anda sedang wisata ke turki, tak hanya di istanbul saja. Istanbul memiliki iklim lautan yang dipengaruhi oleh iklim kontinental. Dengan musim panas yang panas dan lembab dan musim dingin yang dingin. Hujan dan kadang-kadang bersalju.

Istanbul memiliki curah hujan rata-rata tahunan yang tinggi sebesar 844mm. Lebih tinggi dari London, Dublin atau Brussels. Dengan musim gugur dan musim dingin yang akhir menjadi musim terbasah.  Sedangkan akhir musim semi dan musim panas menjadi yang terkering. Meskipun pada akhir musim semi dan musim panas relatif kering bila dibandingkan dengan musim lainnya. Curah hujan signifikan selama musim-musim ini, dan musim kering tidak ada hasilnya.

Jika ada reputasi negatif yang dialami Istanbul, itu adalah kelembaban relatif tahunan yang tinggi. Terutama selama musim dingin dan musim panas dengan angin dingin yang menyertainya.

masjid biru wisata tour ke masjid biru blue mosque turki

masjid biru turki

Suhu dan Kelembapan

Musim panas umumnya panas dengan rata-rata sekitar 27ºC pada siang hari dan 18ºC pada malam hari. Tingkat kelembaban relatif tinggi dan ‘efek pulau beton’ hanya memperburuk keadaan. Harapkan suhu hingga 35 ° C untuk hari-hari terpanas dalam setahun. Musim panas juga merupakan musim terkering, tapi jarang hujan. Hujan cenderung berlangsung selama 15-30 menit dengan matahari biasanya kembali muncul lagi pada hari yang sama. Banjir bandang adalah kejadian yang biasa terjadi setelah hujan deras (terutama saat musim panas). Karena topografi berbukit dan sistem pembuangan limbah yang tidak memadai.

Musim dingin dingin dan basah, rata-rata 2ºC pada malam hari dan 7ºC di siang hari. Meski jarang di bawah titik beku di siang hari. Tingkat kelembaban relatif tinggi dan angin dingin membuatnya terasa sangat dingin dan sangat tidak menyenangkan.

Salju, yang terjadi hampir setiap tahun, umum terjadi antara bulan Desember dan Maret. Dengan hamparan salju tahunan hampir tiga minggu. Namun hujan salju musim dingin rata-rata sangat bervariasi dari tahun ke tahun.  Tutupan salju biasanya hanya tersisa beberapa hari setelah setiap salju turun, bahkan di bawah kondisi salju yang intens.

Akhir musim semi (akhir Mei sampai awal Juni). dan awal musim gugur (akhir September sampai awal Oktober). Sangat menyenangkan dan oleh karena itu merupakan saat terbaik untuk mengunjungi kota Istanbul. Selama periode ini tidak dingin atau panas, dan masih cerah, meski malam bisa terasa dingin dan hujan biasa terjadi.

Tips Berkunjung ke Istanbul Turki

Bagi pengunjung membawa payung dianjurkan selama musim semi, musim gugur dan musim dingin. Sedangkan selama musim panas untuk menghindari sinar matahari dan terkadang hujan. Namun, ini bukan masalah besar, karena jalan-jalan di Istanbul tiba-tiba dipenuhi oleh penjual payung begitu hujan mulai turun. Meskipun payung yang mereka berikan agak jelek. Tarifnya hanya TRY5-sekitar USD3 per payung.

Pakaian yang ringan seperti kaos dianjurkan selama musim panas. Jaket ringan dan / atau sweater ringan jika malam musim panas menjadi dingin. Pakaian hangat sangat penting selama musim dingin dan campuran keduanya selama musim semi dan musim gugur.

Juga perhatikan bahwa karena besarnya ukuran, topografi dan pengaruh maritim, Istanbul menunjukkan banyak iklim mikro yang berbeda. Dengan demikian, berbagai bagian Istanbul dapat mengalami kondisi cuaca yang berbeda pada saat yang bersamaan. Misalnya, pada saat yang sama, hujan deras di Sarıyer di utara, agak hujan di Levent (ujung utara jalur metro). Sementara Taksim, ujung selatan jalur metro, mengalami hari yang sangat cerah.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.