Beranda » Artikel Wisata » Wisata ke Eropa, Mengunjungi Menara Eiffel di Paris

Wisata ke Eropa, Mengunjungi Menara Eiffel di Paris

 

Pada 1889, Paris menjadi tuan rumah Exposition Universelle (World’s Fair) untuk menandai peringatan 100 tahun Revolusi Prancis. Lebih dari 100 seniman mengajukan rencana bersaing untuk monumen yang akan dibangun di Champ-de-Mars, yang terletak di pusat kota Paris. Tentunya tidak lengkap saat wisata ke eropa tanpa mengunjungi tempat yang satu ini, ya Menara Eiffel!

wisata ke eropa

Menara Eiffel Menjadi Fitur Permanen Paris Skyline

Awalnya dimaksudkan sebagai pameran sementara, Menara Eiffel hampir dirobohkan dan dihapus pada tahun 1909. Pejabat kota memilih untuk menyimpannya setelah mengakui nilainya sebagai stasiun telegrafi radio. Beberapa tahun kemudian, selama Perang Dunia I, Menara Eiffel mencegat komunikasi radio musuh, menyiarkan peringatan zeppelin dan digunakan untuk mengirim pasukan bantuan darurat. Ini lolos dari kehancuran untuk kedua kalinya selama Perang Dunia II: Hitler awalnya memerintahkan pembongkaran simbol yang paling disayangi kota, tetapi komando tidak pernah dilakukan. Juga selama pendudukan Jerman di Paris, pejuang perlawanan Prancis terkenal memotong kabel lift Menara Eiffel sehingga Nazi harus menaiki tangga.

Selama bertahun-tahun, Menara Eiffel telah menjadi tempat berbagai kegiatan – kegiatan ternama di dunia, baik untuk  acara seremonial dan bahkan eksperimen ilmiah. Pada tahun 1911, misalnya, fisikawan Jerman Theodor Wulf menggunakan elektrometer untuk mendeteksi tingkat radiasi yang lebih tinggi di bagian atasnya daripada di dasarnya, mengamati efek dari apa yang sekarang disebut sinar kosmik. Menara Eiffel juga telah menginspirasi lebih dari 30 replika dan struktur serupa di berbagai kota di seluruh dunia.

Sekarang Menara Eifel merupakan salah satu struktur yang paling dikenal di dunia. Menara Eiffel mengalami facelift besar pada tahun 1986 dan dicat ulang setiap tujuh tahun. Perlu diketahui bahwa Menara Eiffel lebih banyak mendapat pengunjung daripada monumen berbayar lainnya di dunia. Diperkirakan sekitar 7 juta orang per tahun. Kerennya, sekitar 500 karyawan bertanggung jawab atas operasi harian dari menara Eiffel ini, termasuk bekerja di restorannya, mengelola elevatornya, memastikan keamanannya, dan mengarahkan pengunjung untuk menikmati panorama Kota Paris.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

2 komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.